Donat Bakar http://donatbakar.com Kemitraan donat, franchise Donut Wed, 13 May 2015 06:17:32 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=4.1.8 8 Manfaat Coklat http://donatbakar.com/8-manfaat-coklat/ http://donatbakar.com/8-manfaat-coklat/#comments Wed, 13 May 2015 03:35:04 +0000 http://donatbakar.com/?p=857 Manfaat Coklat Bagi Tubuh

Manfaat kesehatan yang mungkin dari coklat karena mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao adalah luar biasa kaya flavanols, jenis fitokimia flavonoid.Kedengarannya memang cukup sederhana, tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat yang kaya akan kandungan flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh, berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang makan cokelat hitam.

  1. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat..

  1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Seorang peneliti dengan John Hopkins pada University School of Medicine. Dalam penelitian, coklat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, kata Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan manfaat buah buahan  yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti jambu biji dan apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Proteksi Sinar matahari

Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

  1. Mengatasi Diare

Kabanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada daun jambu biji . Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

  1. Meningkatkan Intelijen

Jika berada pada situasi proyek kerja, yang cukup memberikan tekanan, ada baiknya untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang  menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan  aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan oak tdalam jangka pendek.

  1. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1 1/2 ons 85% cocoa dark chocolate diberikan kepada sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis setiap hari selama delapan minggu. Dalam studi, yang telah dikirimkan untuk publikasi, para peserta dilaporkan merasa tidak terlalu setelah makan cokelat. Anehnya, tidak ada kenaikan berat badan pada kelompok orang tersebut, menurut peneliti Steve Atkin, PhD. Para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur, namun memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.

Dampak Mengkonsumsi Coklat Berlebihan

Penelitian pada sekitar wanita umur 48 dan 83 tahun selama 8 tahun, menyimpulkan bahwa konsumsi coklat terlalu sering mengakibatkan dampak tidak baik bagi tubuh. Riset menemukan sekitar 19 sampai 30 gr coklat yang dikonsumsi per pekan dapat mengurangi gagal jantung. Namun mereka yang menyantapnya hampir setiap hari, tidak terlihat keuntungan yang signifikan kepada jantung. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa coklat makanan yang tinggi lemak yang dapat berpengaruh pada bobot tubuh.

Maka dari itu konsumsilah coklat sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak kenikmatan coklatnya saja yang kita rasakan, namun manfaat coklat itu sendiri dapat diperoleh.

 

 

(sumber : Manfaat.co.id )

 

]]>
http://donatbakar.com/8-manfaat-coklat/feed/ 0
Donat Terlezat sejagat http://donatbakar.com/donat-terlezat-sejagat/ http://donatbakar.com/donat-terlezat-sejagat/#comments Mon, 11 May 2015 04:01:00 +0000 http://donatbakar.com/?p=848 1.The Cronut

the cronuts

Donat ini merupakan gabungan antara roti croissant dan donat yang diproduksi oleh toko roti Dominique Ansel. Terhitung pemilik toko ini menjual cronut beberapa kali dan selalu habis terjual. Penjualan 200 donat ini habis dalam waktu beberapa menit saja. Saking fenomenalnya, beberapa toko lain ikut-ikutan menjual roti donat jenis ini, meski roti donat ini sudah menjadi resep paten dari Dominique Ansel.

2.Luther Burger

luther burger

Selain dipadukan dengan roti, donat juga dikombinasikan dengan sandwich. Penemuan ini diperoleh Paula Deen yang memadukan donat dengan chesee burger dan telur mata sapi di atasnya. Donat sandwich ini pertama kali dijual di Mulligan Pub di Georgia. Nama Luther berasal dari nama penghibur legendaris pub tersebut yang terkenal dengan pertunjukan burger di zaman dulu.

3. Donat Foie Gras

donat foie gras

Donat ini adalah salah satu jenis donat termahal di dunia. Alasannya, isi dari donat ini terbuat dari hati angsa yang dilumuri dengan selai anggur. Sebagai penguat rasa di atas donat ditaburi dengan gula bubuk. Donat ini di jual di toko Do or Dine, Brooklyn, New York sebagai sarapan di pagi hari.

4. Donat Waffle 

donat waffle

Waffle donat ini terbuat dari adonan waffle tapi digoreng dan diolah seperti cara membuat donat. kemudian donat tersebut di-press selama 20 detik dalam tempat membuat waffle untuk menciptakan tekstur seperti waffle. Setelah selesai dipanggang donat diberi krim dan saus coklat.Donat ini Anda bisa Anda temui di pinggir jalan Atlanta. Hm… Yummy.

5. Donat Dead Elvis

donat dead elvis 

terinspirasi dari raja pop. Elvis Presley, Psycho Donuts membuat donat yang diberi nama Dead Elvis. Donat ini menjadi tak biasa karena dikombinasikan dengan topping yang beranekaragam seperti krim, irisan pisang, dan daging. Sebagi pelengkap selai kacang dan agar membuat kita semakin berselera memakannya.

6. Donat Samoa

samoa donuts

Donat ini sering dibuat sebagai makanan ringan alternatif yang dibuat oleh ibu-ibu di Amerika. Donat ini terbuat dari karamel, santan sampai irisan kelapa serta coklat. Selain sehat donat ini juga bisa menjadi pilihan Anda bagi si kecil.

Terima kasih sudah mampir ke website kami semoga bermanfaat

sumber (http://www.merdeka.com/ireporters/gaya/7-donat-terenak-sejagat.html)

]]>
http://donatbakar.com/donat-terlezat-sejagat/feed/ 0
Bisnis kuliner Masih Diminati http://donatbakar.com/bisnis-kuliner-masih-diminati/ http://donatbakar.com/bisnis-kuliner-masih-diminati/#comments Fri, 10 Oct 2014 02:48:58 +0000 http://donatbakar.com/?p=615 Prof Dr Alder Haymans Manurung, guru besar Asian Banking Finance and Informatic Institute (ABFI) Perbanas menuturkan, bisnis makanan saat ini tetap menjadi nomor satu. Selain modalnya tidak besar, melibatkan sedikit tenaga kerja, dan perputaran uang di dalamnya sangat cepat. Bahkan bisa lebih dari 100 persen.Namun sebelum berharap bisnis kuliner Anda meraih sukses, Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang memengaruhi maju-tidaknya sebuah usaha kuliner. Dr Handito Joewono, dari Arrbeys, strategy and marketing consulting firm, mengatakan, faktor pertama yang membuat pelanggan datang adalah kualitas makanan. Hal ini berkaitan dengan rasa dan bahan baku makanan.

 

Kualitas makanan terbagi menjadi dua bagian: yakni real quality dan perceive quality. Real quality lebih kepada enak-tidaknya makanan, dan penggunaan bahan baku. Seperti kalau ada rumah makan yang membuat rendang, santannya harus banyak.

 

“Padahal kemauan konsumen tidak seperti itu. Banyak santan malah nanti menimbulkan penyakit. Jadi pengusaha kuliner yang baik harus mengombinasikan real quality dengan baik,” paparnya.

 

Bagi kalangan menengah ke bawah real quality menjadi lebih penting ketimbang faktor perceive quality, karena mereka lebih mengutamakan rasa. Sedangkan bagi kaum menengah ke atas, faktor perceive quality menjadi lebih penting. Makanan tidak sekadar enak, tapi keamanan dan kenyamanan saat bersantap juga diperhatikan. Misalnya, dengan memperhitungkan faktor kesehatan makanan yang dibuat.

 

Faktor kedua, mengenai tempat. Dalam ilmu standarnya, tempat harus strategis letaknya. Tetapi belakangan, tempat tidak begitu menjadi elemen penting. Karena ada beberapa usaha rumah makan, walaupun tempatnya tidak strategis, tetap dicari orang. Masalah tempat ini, Handito menandaskan, yang penting harus ada kesesuaian antara makanan dan target konsumen yang dituju.

 

Faktor ketiga adalah persepsi. “Di antara lainnya, faktor persepsi ini yang paling penting,” ucapnya.

 

Persepsi ini sangat penting, terutama bagi yang baru membuka usaha kuliner. Persepsi bisa muncul dari penggunaan simbol-simbol, baik dalam tampilan eksterior maupun interior ruangan. Selain itu, persepsi juga dibangun dari bagaimana cara mengemas makanan, atau bagaimana melayani konsumen. Persepsi inilah yang kemudian akan selalu diingat orang tentang sebuah tempat makan.

 

Untuk usaha kuliner kecil, tiga faktor ini sudah cukup. Namun bagi usaha yang ingin berkembang menjadi lebih besar, faktor keempat, yaitu promosi, mutlak diperlukan. Cara untuk promosi saat ini macam-macam. Lewat internet, penyebaran brosur, pemasangan spanduk, billboard, dan lainnya bisa menjadi media promosi. Yang utama promosi ada dua, yaitu lewat media massa dan meminjam lidah konsumen. Memakai lidah konsumen inilah, promosi yang paling efektif.

 

Bila usaha restoran sudah berkembang besar, sudah punya cabang dimana-mana, faktor kelima yang harus dipenuhi adalah mempunyai standard operational procedure (SOP). Baik untuk kuliner yang diwaralabakan, maupun yang tidak. Tentu saja dengan memakai SOP yang sama, antara resto satu dengan resto lainnya yang bernaung di bawah nama dan manajemen yang sama, bentuk pelayanannya juga sama. Baik dalam soal pilihan menu makanan yang dibuat, penyajiannya, cara melayani konsumen, sampai dengan bentuk fisik tampilannya.

 

Sumber : Kompas.com, Majalah IdeBisnis

]]>
http://donatbakar.com/bisnis-kuliner-masih-diminati/feed/ 0
Islam vs Kemalasan http://donatbakar.com/islam-vs-kemalasan/ http://donatbakar.com/islam-vs-kemalasan/#comments Fri, 10 Oct 2014 02:29:44 +0000 http://donatbakar.com/?p=610 Oleh: Wakit Prabowo

Islam adalah agama yang mengajarkan semangatbekerjaInilah sebagian bukti bahwa Islam mengajarkan umat manusia untuk senantiasa bersemangat dan tidak bermalas-malas.

 

Islam adalah agama yang kaffah. Dalam Islam, semua persoalan hidup manusia sudah diatur dan diberikan solusi yang mengandung ajaran kebenaran bagi kehidupan seluruh umat manusia. Dan tidak akan pernah bertentangan dengan penemuan dan teori penemuan manusia yang paling mutakhir. Islam sejak jauh hari lebih maju dan tidak pernah ketinggalan zaman dari semua kemajuan yang pernah dicapai umat manusia, sampai kapan pun.

 

Bagaimana Islam melihat fenomena kemalasan dalam diri manusia? Islam sejak lama memberikan “rambu-rambu lampu kuning” untuk masalah ini. Islam memberikan perhatikan besar. Contoh, doa agar terbebas dari kemiskinan , kefakiran dan lilitan utang:  “Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas...” (HR. Abu Dawud).  Ternyata, isi doa ini bukanlah “secara spesifik” agar diberi pekerjaan, rezeki melimpah, hasil pekerjaannya melimpah, uang banyak. Ternyata tidak. Tetapi kita dituntun untuk berdoa agar terbebas dari kemalasan.

 

Dalam doa-doa lain, misalnya doa minta kekayaan, adakah redaksinya: ”Ya Allah, berilah hamba uang.” Tidak ada yang demikian. Tetapi dalam hal ini Islam mengajarkan kita untuk berkonsentrasi penuh dalam wilayah sebab, dengan doa yang intinya permohonan agar terbebas dari kemalasan.

 

Benarlah pola retorika yang diajarkan Islam. Pertama mengajari kita membentuk pola pikir tidak istan. Artinya, Islam mengajarkan untuk bersabar dan mengikuti aturan yang mensyaratkan bagi keberhasilan. Berarti kita sebenarnya dilarang meminta akibat. Akan tetapi secara menahan diri dituntun untuk setiti agar lebih dahulu menyempurnakan proses atau penyebab keberhasilan. Bukankah sebab akan membentuk akibat? Jika sebabnya baik, akibatnya juga baik, dan sebaliknya. Jika prosesnya baik, hasilnya juga memuaskan.

 

Dalam lingkup lebih luas, tengok kembali Ummul Kitab, QS. Al-Fatihah yang menjadi conclusionisi Al-Quran. Dalam QS Al-Fatihah, manusia dituntun oleh Allah bukan untuk minta kebahagiaan secara langsung, atau meminta surga. Tetapi redaksinya: Ihdinashshiraathal mustaqiim ….. Yakni permintaan agar diberikan jalan lurus dan dihindarkan dari jalan  mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. Apakah jalan itu sebuah tujuan? Bukan. Jalan berarti proses yang harus dilewati untuk mengantarkan seseorang ke tujuan tertentu. So, jalan di sini kita maknai bukan pada wilayah akibat. Jalan merupakan sebab untuk mendapatkan kebahagiaan.

 

Begitu luar biasanya ajaran Islam. Ajarannnya tidak hanya terang-terangan menunjukkan kebenaran, tetapi mengajak kita untuk secara kritis dan kreatif berpikir di balik ungkapan-ungkapan firman-Nya yang maha benar. Sehingga untuk konteks ini, kita akan terbebas dari cara berpikir instan. Yakni hanya melulu aspek akibat saja, akan tetapi mengajak kita masuk ke dalam aspek sebab. Sehingga energi yang kita keluarkan tidak hanya terfokus dan terkuras ke target atau hasil, melainkan penyempurnaan proses menjadi urgen dan keharusan. Ternyata inilah inti bahwa proses jauh lebih penting daripada hasil.

 

Wilayah sebab dapat kita raih dan sempurnakan dengan semangat melakukan aksi terbaik agar tercapai tujuan. Islam adalah agama yang mengajarkan semangat bekerja. Inilah sebagian bukti bahwa Islam mengajarkan umat manusia untuk senantiasa bersemangat dan tidak bermalas-malas. Dalam sebuah hadis dinyatakan, “Allah Subhanahu wa ta’ ala mencela sikap lemah, tidak bersungguh-sungguh, tetapi kamu harus memiliki sikap cerdas dan cekatan, namun jika kamu tetap terkalahkan oleh suatu perkara, maka kamu berucap, ‘Cukuplah Allah menjadi penolongku, dan Allah sebaik-baik pelindung’.” (HR. Abu Dawud, hadis ini dinilai lemah oleh Al-Albani)

 

Inilah salah satu bukti bahwa Islam agama yang menekankan semangat dalam menjalani kehidupan. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panutan dan teladan paling sempurna yang diturunkan Allah untuk umat manusia, beliau mencontohkan dalam hidupnya semangat menjalani hidup. Tidak ada satu pun aktivitas Nabi bermalas-malasan. Meski beliau ditugasi oleh Allah Subhanahu wa ta’ ala untuk menyebarkan agama ke muka bumi, tetapi beliau tidak meninggalkan bekerja. Beliau tetap bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga, karena beliau mempunyai keluarga.

 

Hendaknya kita sebagai umat Islam meneladani kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat jauh dari bermalas-malasan. Tetap mengobarkan semangat menjalani kehidupan. Konsep semangat adalah bahwa manusia diciptakan dan dalam “kesemangatan”  untuk kehidupan di dunia maupun akhirat. Allah Subhanahu wa ta’ ala pun lebih menyukai orang kuat daripada orang lemah. Orang malas simbol orang lemah: lemah agamanya, lemah ekonominya, lemah pendidikannya, lemah tali silaturahimnya, lemah kekuasaannya. Bukankah ujung semua kelemahan itu adalah kemalasan seseorang untuk berusaha dan bekerja agar bisa menjadi kuat? Untuk itu sebenarnya kemalasan dapat kita pahami merupakan sikap yang dibenci Allah, sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan merasa malas, dan apabila engkau ditimpa sesuatu maka katakanlah, ‘Qodarulloh wa maa syaa’a fa’al,’ Telah ditakdirkan oleh Allah dan apa yang Dia kehendaki pasti terjadi.” (HR. Muslim)
[Majalah Cetak Pengusaha Muslim Indonesia] Pengusahamuslim.com

]]>
http://donatbakar.com/islam-vs-kemalasan/feed/ 0
10 Fakta Menarik tentang Donat http://donatbakar.com/10-fakta-menarik-tentang-donat/ http://donatbakar.com/10-fakta-menarik-tentang-donat/#comments Mon, 07 Apr 2014 03:09:55 +0000 http://donatbakar.com/?p=593 1 Sweety1. Donat = Kue berminyak

Donat ternyata memiliki sejarah patriotik bagi bangsa Amerika. Pada saat sebelum perang revolusi, ketika Manhattan masih bernama New Amsterdam karena di bawah kekuasaan Belanda. Donat dikenal dengan nama olykoeks – atau oily cakes (kue berminyak)

 

2. Ketendang sapi

Tidak ada yang tahu siapa orang pertama yang mencoba membuat kue dengan cara menggorengnya dengan minyak mendidih, namun menurut cerita, ada seekor sapi yang menendang panci berisi minyak yang kemudian tumpah ke adonan kue. Kejadian ini disebut sebagai “kesalahan binatang ÿang paling enak di dunia”. Iseng banget deh tu sapi

 

3. Doughnut Girls

Female Salvation Army workers atau yang belakangan disebut Doughnut Girls dengan gagah berani memasak dan mengantarkan donat-donat ke para tentara Amerika di Perancis hingga ke garis depan pada saat perang dunia I

 

4. Doughboy

Kalau cewek-cewek pengantar donat disebut doughnut girls maka prajurit yang sedang berperang di garis depan dan menanti doughnut girls mengantarkan donat mereka disebut doughboy. Ketika berperang, meraka merasakan homesick yang luar biasa dan donat bagaikan kunci rumah bagi mereka
5. Mesin pembuat donat mulai dibuat

Mesin pembuat donat pertama kali ditemukan pada akhir perang dunia pertama pada tahun 1920 di New York. Penemunya adalah pengungsi dari Rusia bernama Adolph Levitt

 

6. Makanan abad ini

Saat World’s Fair di Chicago tahun 1933, donat tidak hanya menjadi makanan populer yang sedang ngetrend tetapi diproklamirkan sebagai kemajuan abad ini dan dipuji sebagai makanan sempurna dengan bahan-bahan yang segar dan dapat dibuat dengan praktis.

 

7. Celup-celupin donat

Agan pasti tau kan cara makan donat yang dicelupin dulu ke kopi atau coklat panas? Makan donat dengan cara dicelupin ini booming banget tahun 1934. Nah..orang yang pertama kali nyelupin donat ternyata ga sengaja gan. Namanya Clark Gable. Namun ada rumor lain yang mengatakan kalau orang pertama yang nyelupin donat adalah seorang aktris bernama Mae Murray. Saat berada di New York deli, dia ga sengaja jatuhin donatnya sampai nyemplung ke secangkir kopi panas.

 

8. Doughnut dollies

Kalau waktu perang dunia I cewek-cewek yang nganter donat namanya doughnut girls, nah kalo perang dunia II mereka dipanggilnya doughnut dollies. Tugas mereka sama kayak doughnut girls, yaitu masak dan nganterin donat ke para prajurit. Berani banget ya cewek-cewek ini. Sampai ke garis depan lho!

 

9. Resep donat pertama

Antropolog Paul R. Mullins menemukan resep membuat donat pada buku resep makanan yang berasal dari tahun 1803 di Inggris. Mungkinkah itu resep donat yang pertama?

 

10. Donat sebagai pilihan makanan yang sehat?

Orang lebih memilih membeli bagel atau croissants daripada donat, karena mereka pikir itu lebih sehat. Namun faktanya, di Dunkin Donuts, sebuah donat jelly standar mengandung 260 kalori, sementara croissant mengandung 310 kalori, dan bandingkan dengan bagel polos (sebelum diberi krim atau keju) yang mengandung 320 kalori. Jadi kata siapa donat tidak sehat?

]]>
http://donatbakar.com/10-fakta-menarik-tentang-donat/feed/ 0
Alasan Kenapa Donat Bolong ditengahnya http://donatbakar.com/alasan-kenapa-donat-bolong-ditengahnya/ http://donatbakar.com/alasan-kenapa-donat-bolong-ditengahnya/#comments Sat, 05 Apr 2014 06:25:10 +0000 http://donatbakar.com/?p=589 630881659_a74731eaddAlasan Mengapa Donat Berlubang Di Tengah – Meski sekarang telah ada donat yang tidak berlubang, namun donat populer di dunia sebagai kue yang memiliki lubang di bagian tengah. Sejak kapan orang mengonsumsi donat, dan mengapa kue itu berlubang di bagian tengah?

 

Kue yang digoreng telah ada di hampir setiap budaya sejak zaman lampau. Bahkan, “donat prasejarah”—kue goreng berlubang yang sudah membatu—pernah ditemukan di antara artefak-artefak peninggalan sebuah suku Indian primitif. Penduduk Amerika juga telah mengenal donat sejak lama sekali, hingga bisa dibilang donat merupakan kue khas Amerika. Namun, siapa penemunya masih misteri.

Ada pendapat yang meyakini donat diperkenalkan ke Amerika oleh pemukim keturunan Belanda. Pada abad ke-19, donat kadang-kadang disebut sebagai salah satu jenis oliekoek (kata Belanda yang berarti “kue minyak”, yaitu kue manis yang digoreng dengan lemak).

 

Kue goreng atau olykoeks mulai populer di New York dan New England pada abad ke-16 atau 17, sehingga waktu itu banyak bermunculan kedai yang mengkhususkan diri meyajikan kue tersebut bersama kopi yang baru diseduh. Sedang toko pertama yang menjual kue goreng siap santap didirikan oleh Anna Joralemon di New York, pada tahun 1673. Pada waktu itu, kue goreng tersebut belum berlubang.

Istilah donat berasal dari kata dough-nut. Dalam History of New York (1809), penulis Washington Irving menggambarkan kue itu, “berbentuk bola terbuat dari adonan manis, digoreng dengan minyak dan lemak babi, dan disebut doughnut (kue adonan kacang-lemak) atau olykoeks.” Belakangan, kata doughnut mengalami peluruhan menjadi donut, meski kata aslinya masih tetap dipakai.

 

Lalu bagaimana kisahnya hingga kue itu sekarang terkenal dengan lubang di bagian tengah? Asal usul itu belum memiliki kejelasan yang pasti. Orang yang sering dikaitkan dengan “penemuan” lubang donat adalah Hanson Gregory, seorang kapten pelaut asal Denmark. Pada suatu perjalanan di laut, Kapten Gregory sedang memegang kemudi di anjungan kapal, dan baru akan memakan sepotong kue goreng ketika badai datang menerjang. Secara spontan, dia menancapkan kue yang sedang dipegangnya ke salah satu jari-jari roda kemudi.

 

Seusai badai reda, ia mengambil kembali kuenya yang masih tertancap, dan menyadari kini ada lubang di bagian tengahnya. Terkesan oleh kreasinya, Gregory kemudian meminta koki kapal agar membuat roti goreng dengan lubang tepat di tengah.

 

Meski kisah itu sangat terkenal, namun masih diragukan jika kisah itu yang menjadi asal usul lubang di tengah donat. Thomas A. Lehnman, direktur sebuah perusahaan kue di Amerika, memberikan versi lain mengapa donat memiliki lubang di tengah.

 

Ia menyatakan, donat (yang dibuat mengembang menggunakan ragi) dapat dibuat dengan mudah sekali tanpa lubang. Sebagai contoh, ia menunjukkan bismarck, atau donat isi jeli. Namun, meski begitu, jika bismarck digoreng di permukaan—sama seperti ketika orang menggoreng ragi konvesional—donat tanpa lubang akan cenderung terlalu mengembang, sehingga berubah seperti bola. Agar lebih mudah dan hasilnya juga baik, koki zaman dulu menyadari perlunya membuat lubang di tengah kue.

]]>
http://donatbakar.com/alasan-kenapa-donat-bolong-ditengahnya/feed/ 0
Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri http://donatbakar.com/bahaya-makan-dan-minum-sambil-berdiri/ http://donatbakar.com/bahaya-makan-dan-minum-sambil-berdiri/#comments Fri, 04 Apr 2014 06:23:35 +0000 http://donatbakar.com/?p=581 13845175151259284790YOGYAKARTA – Islam sangat mengatur aspek kehidupuan manusia, termasuk makan. Dalam Islam ada adab makan seperti: mencuci tangan sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak makan sampai kekenyangan dan tidak makan sambil berdiri

”Adab makan dalam Islam ternyata memiliki  hikmah tersendiri,”kata Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul dr Ana Budi Rahayu, SpS.

Bila seseorang makan sambil berdiri, kata dia, akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi.

 

Hal ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pHnya 1-2,5), Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada (//heartburn//).

”Bila kita tetap bandel membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang , iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus,”tuturnya.

Bahkan sebagaimana yang diriwayatkan dalam HR. Muslim disebutkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan”.

Sehubungan dengan larangan minum tersebut, seorang sahabat, Qotadah bertanya,”Bagaimana dengan makan”. Beliau (Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ) bersabda, “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Turmidzi).

Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk, kata Ana. Ada dua hal lain yang juga dapat menyebabkan reflux asam lambung dan //heartburn// yaitu: makan minum kekenyangan dan tidur atau berbaring segera setelah makan.

 

Ana menjelaskan lambung memang dapat mengembang enam kali lipat saat diisi sampai benar-benar penuh. Makin banyak makanan yang tertampung di lambung, lambung harus kerja ekstra keras mengeluarkan asam lambung lebih banyak.

Selanjutnya, dia menambahkan, bila lambung terlalu penuh, kelebihan asam lambung akan mengalir naik ke esofagus. ”Demikian juga bila kita tidur atau berbaring segera setelah makan,”jelasnya.

 

Kebiasaan berbaring atau tidur segera setelah makan ini sama bahayanya dengan makan minum sambil berdiri yakni iritasi sel kerongkongan yang mengundang kanker esofahus dalam jangka panjang.

 

Sumber : republika.co.id

]]>
http://donatbakar.com/bahaya-makan-dan-minum-sambil-berdiri/feed/ 0
Bahaya tidur dengan lampu menyala http://donatbakar.com/bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala/ http://donatbakar.com/bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala/#comments Tue, 01 Apr 2014 04:17:36 +0000 http://donatbakar.com/?p=567 Uyku-Zzz_Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam tidur dengan lampu dimatikan.

Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.”

 

Menurut Biologi & Medis

Mari kita bahas dari segi sains dan kesehatannya. Semakin malam semakin gelap tubuh kita akan merasa lelah dan mengantuk. Ini jelas wajar, sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal meningkat seiring dengan semakinnya malam. Hormon inilah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk adalah sebagai sinyal positif tubuh agar segera mengistirahatkannya. Hormon yang mempengaruhi irama sirkadian ini kemudian akan menyesuaikan sehingga terjadi sinkronisasi antara siklus tidur dengan siklus pergantian siang dan malam di lingkungan.

 

Seorang Biolog, Joan Roberts menemukan rahasia setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan tersebut diberi cahaya buatan pada malam hari, melantonin nya(salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat) menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya Lampu – seperti juga TV – menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Keadaan malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari – sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti.

 

Tidur yang berkualitas dalam artian bahwa dalam selang waktu selama kita tidur, otak kita benar-benar dalam keadaan beristirahat. Sinar cahaya saat kita tidur menjadikan kualitas tidur kita kurang baik, ini dikarenakan sinar tersebut masih berperan sebagai perangsang stimulator kerja otak. Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus sampai bagian mata kita walaupun dalam keadaan terlelap, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Dengan kata lain walaupun mata kita terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar maka otak kita akan bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut. Tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya optimalisasi dalam detoksifikasi untuk menetralisir toksin yang mengontaminasi tubuh. Detoksifikasi tubuh, terjadi terutama pada hati, tercapai optimal saat tidur. Mekanisme tersebut berkaitan erat dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Pada tidur yang berkualitas, detoksifikasi hati dapat berjalan optimal, khususnya dalam pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang menetralisasi stres oksidatif dan radikal bebas.

 

Tidur Mati Lampu mencegah KANKER PAYUDARA

Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

 

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

 

Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku ‘Avoiding Cancer One Day At A Time’ juga menuliskan perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

 

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

 

Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

“Orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif,” ujar dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa.

 

Dr Rachel menambahkan bahwa ini adalah temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun kini ia dan tim tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail. Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics.

 

Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia

Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

 

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun.”

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

 

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.

 

Hati-hati Tidur dengan Lampu Menyala

Tidur dengan lampu menyala mungkin bisa membuat anak terjaga dan menghindari anak dari rasa takut. Tapi siapa sangka tidur dengan lampu menyala bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Menurut laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan pada Juli 2012, tidur dengan lampu menyala bisa menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

 

Ohio State University melakukan percobaan terhadap hamster yang terus menerus diberikan lampu pada malam hari. Ternyata hamster itu menunjukkan tanda-tanda depresi. Namun semua gejala depresi itu akan hilang dalam dua pekan, setelah si hamster tidur dengan lampu mati saat malam hari.

Sementara itu, penelitian lain menyimpulkan bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menyebabkan berat badan naik. Penelitian yang dilakukan oleh  American Medical Association (AMA) itu menyatakan, lampu bisa memengaruhi ritme tidur alami tubuh. Saat orang tidak punya waktu yang cukup dalam kegelapan, ternyata tubuh tidak memproduksi hormon melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk. Hormon itu juga bisa memengaruhi seberapa nyenyak kita tidur dan pukul berapa kita bangun. Melatonin juga berguna untuk melawan tumor ganas. Nah, hubungan tidur dalam keadaan gelap dan hormon melatonin ini bisa dihubungkan dengan kanker payudara. Memang belum banyak penelitian tentang hubungan lampu dan kanker. Setidaknya penelitian yang ada bisa menguatkan hipotesis yang menyatakan lampu bisa merusak ritme tidur dan meningkatkan risiko kanker.

 

Dalam penelitian ini AMA juga melaporkan penggunaan barang elektronik seperti komputer, laptop, dan telepon genggam bisa mengakibatkan gangguan tidur terutama pada anak dan remaja. Itu karena layar elektronik memancarkan banyak cahaya biru, yang dikenal bisa menekan produksi hormone melatonin.

Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa tidur dengan lampu menyala memang tidak baik bagi anak. Daripada menyebabkan gangguan tidur, depresi, kenaikan berat badan dan resko kanker, lebih baik biasakan anak Anda tidur dengan lampu dimatikan.

 

Tidur Dengan Lampu Menyala Mengganggu Jam Biologis Manusia

Orang yang suka terjaga sampai larut malam dengan lampu masih menyala bisa menyebabkan malapetaka untuk jam biologis tubuhnya.

Ilmuwan Australia telah menemukan bahwa tidur larut setelah semalaman tersinari lampu dapat menyebabkan jam biologis tubuh atau irama sirkadian tubuh menjadi kacau, sehingga sulit mengimbangi aktifitas kerja yang dmulai pukul 09:00 hingga pukul 17:00.

 

“Orang yang suka begadang sering merasa sulit tidur dan tidak merasa segar keesokan harinya. Efeknya sama seperti jet lag,” kata Profesor Helen Burgess dari Rush University Medical Center di Chicago seperti dikutip dari NineMSN, Minggu (30/10/2011).

Prof Burgess melakukan penelitian pada 10 orang. Para peserta penelitan awalnya diminta tidur pada pukul 22:00 dan bangun pada pukul 07:00 selama seminggu. Setelah bangun, mereka diminta untuk pergi ke luar rumah selama 10 menit untuk mendapat sinar matahari.

 

Peserta kemudian diminta menaikkan waktu tidurnya hingga pukul 01:00 dan bangun pukul 07:00 selama seminggu sehingga merasa lelah di siang hari. Penelitian kedua mencoba untuk menghilangkan efek kurang tidur dengan membiarkan para peserta tidur di siang hari untuk mengurangi rasa lemasnya.

Tetapi hasil temuannya sama saja. Ketika peserta terkena cahaya waktu terjaga sampai larut malam, mereka cenderung memiliki gangguan tidur dan merasa kurang fit pada hari berikutnya.

 

“Pergeseran jam biologis tubuh menjadi lebih larut artinya tidak tidur di jam sirkadian terbaik yang dapat diperoleh. Terjaga di malam hari dengan semua lampu menyala akan mengirim sinyal seperti halnya siang hari kepada jam biologis,” katanya.

Dia menambahkan bahwa jika seseorang kemudian mematikan lampu ketika tidur, hal itu akan menyebabkan tubuh menjadi lebih santai dan menyesuaikan diri dengan irama sirkadian kembali.

Prof Burgess mengatakan menegaskan bahwa paparan cahaya di malam hari perannya sama penting dalam pengaturan jam tubuh akibat paparan sinar matahari pagi. Para ilmuwan yakin bahwa cahaya pagi membantu mengatur ulang otak setiap hari dan mengatur kerja hormonal untuk menjaga fungsi tubuh, termasuk saat makan dan tidur.

 

Dia kemudian menerangkan bahwa rahasia menjaga jam tubuh tetap teratur dan menghindari perasaan kurang fit di pagi hari adalah dengan mematikan atau meredupkan lampu di malam hari dan mengatur waktu tidur.

“Dan jika harus terjaga sampai larut pada akhir pekan, cahaya pagi benar-benar baik untuk tubuh,” pungkasnya.

 

 

Sumber:

kompasiana.com

]]>
http://donatbakar.com/bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala/feed/ 0
Manfaat Buah Pisang Yang Perlu Kita Ketahui http://donatbakar.com/manfaat-buah-pisang-yang-perlu-kita-ketahui/ http://donatbakar.com/manfaat-buah-pisang-yang-perlu-kita-ketahui/#comments Mon, 24 Mar 2014 05:45:33 +0000 http://donatbakar.com/?p=523 buah-pisang17 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan – Pisang adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di indonesia. Kita dapat menemukan pisang hampir diseluruh pualau di Indonesia. Hampir semua bagian dari pisang dapat dikonsumsi, selain buahnya kita juga pasti sudah mengenal jantung pisang, yang biasa dijadikan masakan, bahkan di daerah papua batang pisang juga bisa diolah jadi makanan. Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional.

 

Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu hampil untuk membantu tumbuh kembng janin karena buah pisang banyak mengandung nutrisi seperti kalium dan asam folat. Selain buah pisang merupakan juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak beberapa manfaat buah pisang berikut ini :

 

1. Buah Pisang Kaya akan Vitamin dan Serat
Tahukan anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu pisang juga kaya akan potasium. Maka dari itu buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

 

2.Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Sakit Maag
Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang “Cara Mengatasi Penyakit Maag Secara Alami”. Dan dalam postingan tersebut saya telah menjelasakn bagaimana cara mengobati sakit maag dengan ramuan herbal. Nah, ternyata selain dengan ramuan herbal, buah pisang juga bisa jadi solusi disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

 

3. Buah Pisang Bisa dijadikan Masker untuk Mengobati Jerawat
Jerawat mengganggu penampilan anda? Basmi saja dengan masker buah pisang! caranyapun mudah anda hanya perlu menghancurkan daging buah pisang yang telah matang secukupnya, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan tips ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.

 

4. Buah Pisang Bisa Meningkatkan mood
Oh iya selain dapat mengatasi penyakit maag dan jerawat, buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari. Jadi jika anda sedang galau, makanlah pisang hehe

 

5. Buah Pisang Bisa Menghaluskan Kulit Wajah
Kulit wajah anda terlihat kusam dan terasa kasar? Mungkin masker pisang dan madu ini bisa jadi solusi untuk anda caranya, haluskan buah pisang matang dengan blender, kemudian campur dengan 2 sendok madu. Setelah itu anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah anda. Diamkan 10-25 menit setelah itu baru kemudian anda cuci bersih wajah anda dengan air dan rasakan bedanya.

 

6. Sebagai Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari

 

7. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar
Anda punya luka bakar? Jangan khwatir, obati segera dengan buah pisang nsyaalloh cepat sembuh. Caranya, haluskan buah pisang, kemudian oleskan pada daerah kulit yang terbakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya

 

8. Bermanfaat Untuk Mengalirkan oksigen ke otak
Buah pisang juga bermanfaat dalam memngalirkan oksigen ke otak karena buah pisang sendiri kaya akan potasium, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.

 

9. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme

 

10. Buah Pisang dapat Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid
Sering merasa nyeri setiap kali anda haid? Jangan atas masalah tersebut dengan buah pisang, perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang maka insyaalloh rasa nyeri tersebut dapat berkurang

 

11. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

 

12. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

 

13. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita

 

14. Mencegah penyakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. So, sebelum terkena penyakit jantung, cegahlah dengan rajin memakan buah pisang

 

15. Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk membuat penderita anemia terselamatkan. Jadi bila anda kekurangan darah, segeralah makan buah enak ini hehe

 

16. Bermanfaat untulk Menurunkan berat badan
Oh iya, kabar gembira bagi anda yang sedang “Diet”, ternyata karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.

 

17. Buah pisang baik untuk Ibu hamil, Mengapa?
Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

 
Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari buah pisang ini. Bagaimana dengan anda, apakah sudah makan pisang hari ini?

]]>
http://donatbakar.com/manfaat-buah-pisang-yang-perlu-kita-ketahui/feed/ 0
Tiramisu http://donatbakar.com/tiramisu/ http://donatbakar.com/tiramisu/#comments Mon, 17 Mar 2014 02:20:16 +0000 http://donatbakar.com/?p=444

Tiramisù (Tiramesù) adalah kue keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan penutup yang dimakan dengan sendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan “al cucchiaio” (“dengan sendok”).

Kue ini tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang. Bahan dasarnya adalah biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Biskuit disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es supaya bentuk kue tidak hancur sewaktu dihidangkan.

Ciri khas kue ini adalah perpaduan tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit yang disebut biskuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk kakao adalah bahan utama bagi resep asli tiramisu. Menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rum, anggur Marsala, atau konyak) karena awalnya dibuat untuk anak-anak dan orang tua.

Sejarah

Asal-usul dan pencipta tiramisu sering menjadi bahan perdebatan, tapi diperkirakan sebagai kue penemuan baru. Tiramisu tidak disebut-sebut dalam literatur kuliner hingga tahun 1983. Dalam buku La marca gastronomica terbitan tahun 1998, Fernando dan Tina Raris menulis bahwa tiramisu adalah kue penemuan baru. Walaupun demikian, keduanya menyebut bahwa resep tiramisu mirip dengan resep kue hidangan penutup yang dimuat di buku masak Yunani. Selain itu, Fernando dan Tina Raris mengutip artikel yang menyebut tiramisu diciptakan di kota Treviso pada tahun 1971.

 

Berbagai literatur kuliner, termasuk majalah kuliner Vin Veneto terbitan tahun 1981, Giuseppe Maffioli dan Annibale Toffolo menyebut ahli kue Roberto Linguanotto (Loly Linguanotto) dari rumah makan “Le Beccherie” di Treviso sebagai pencipta tiramisu. Kisah lain mengatakan kue ini berasal dari kota Siena. Sejumlah ahli kue mengatakan tiramisu dibuat sebagai penghormatan bagi Cosimo III yang datang mengunjungi kota Siena.

 

Sumber : Wikipedia

]]>
http://donatbakar.com/tiramisu/feed/ 0