10 Fakta Menarik tentang Donat

Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInDigg this

1 Sweety1. Donat = Kue berminyak

Donat ternyata memiliki sejarah patriotik bagi bangsa Amerika. Pada saat sebelum perang revolusi, ketika Manhattan masih bernama New Amsterdam karena di bawah kekuasaan Belanda. Donat dikenal dengan nama olykoeks – atau oily cakes (kue berminyak)

 

2. Ketendang sapi

Tidak ada yang tahu siapa orang pertama yang mencoba membuat kue dengan cara menggorengnya dengan minyak mendidih, namun menurut cerita, ada seekor sapi yang menendang panci berisi minyak yang kemudian tumpah ke adonan kue. Kejadian ini disebut sebagai “kesalahan binatang ÿang paling enak di dunia”. Iseng banget deh tu sapi

 

3. Doughnut Girls

Female Salvation Army workers atau yang belakangan disebut Doughnut Girls dengan gagah berani memasak dan mengantarkan donat-donat ke para tentara Amerika di Perancis hingga ke garis depan pada saat perang dunia I

 

4. Doughboy

Kalau cewek-cewek pengantar donat disebut doughnut girls maka prajurit yang sedang berperang di garis depan dan menanti doughnut girls mengantarkan donat mereka disebut doughboy. Ketika berperang, meraka merasakan homesick yang luar biasa dan donat bagaikan kunci rumah bagi mereka
5. Mesin pembuat donat mulai dibuat

Mesin pembuat donat pertama kali ditemukan pada akhir perang dunia pertama pada tahun 1920 di New York. Penemunya adalah pengungsi dari Rusia bernama Adolph Levitt

 

6. Makanan abad ini

Saat World’s Fair di Chicago tahun 1933, donat tidak hanya menjadi makanan populer yang sedang ngetrend tetapi diproklamirkan sebagai kemajuan abad ini dan dipuji sebagai makanan sempurna dengan bahan-bahan yang segar dan dapat dibuat dengan praktis.

 

7. Celup-celupin donat

Agan pasti tau kan cara makan donat yang dicelupin dulu ke kopi atau coklat panas? Makan donat dengan cara dicelupin ini booming banget tahun 1934. Nah..orang yang pertama kali nyelupin donat ternyata ga sengaja gan. Namanya Clark Gable. Namun ada rumor lain yang mengatakan kalau orang pertama yang nyelupin donat adalah seorang aktris bernama Mae Murray. Saat berada di New York deli, dia ga sengaja jatuhin donatnya sampai nyemplung ke secangkir kopi panas.

 

8. Doughnut dollies

Kalau waktu perang dunia I cewek-cewek yang nganter donat namanya doughnut girls, nah kalo perang dunia II mereka dipanggilnya doughnut dollies. Tugas mereka sama kayak doughnut girls, yaitu masak dan nganterin donat ke para prajurit. Berani banget ya cewek-cewek ini. Sampai ke garis depan lho!

 

9. Resep donat pertama

Antropolog Paul R. Mullins menemukan resep membuat donat pada buku resep makanan yang berasal dari tahun 1803 di Inggris. Mungkinkah itu resep donat yang pertama?

 

10. Donat sebagai pilihan makanan yang sehat?

Orang lebih memilih membeli bagel atau croissants daripada donat, karena mereka pikir itu lebih sehat. Namun faktanya, di Dunkin Donuts, sebuah donat jelly standar mengandung 260 kalori, sementara croissant mengandung 310 kalori, dan bandingkan dengan bagel polos (sebelum diberi krim atau keju) yang mengandung 320 kalori. Jadi kata siapa donat tidak sehat?